google.com, pub-7234289879737931, DIRECT, f08c47fec0942fa0

8 Tips Penting Mendesain Flyer Agar Dapat Menarik Perhatian Orang Banyak

 Flyer adalah salah satu alat pemasaran dan promosi yang efektif jika memang didesain secara bagus dan informasi yang disampaikan menarik dan tepat sasaran. Flyer harus dapat menarik perhatian orang banyak. Inilah delapan tips mendesain flyer yang dapat Anda ikuti:

1. Pemilihan warna dan gambar

feature_flyer

Jika Anda ingin orang tertarik melihat flyer (selebaran) yang Anda bagikan, maka warna yang digunakan haruslah warna-warna yang cerah dan menarik, bukan warna-warna yang membuat orang menjadi murung atau depresi saat melihatnya. Pilihlah warna-warna yang berani dan cerah sehingga orang tertarik untuk membacanya, seperti contoh flyer di atas.

Namun, semuanya harus disesuaikan kembali dengan warna perusahaan Anda. Jika kurang pas, maka sebaiknya Anda pikirkan kembali. Warna-warna lembut juga tidak masalah, jika memang identik dengan perusahaan Anda. Begitu pula dengan gambar. Pilihlah gambar yang benar-benar merepresentasikan produk atau jasa yang Anda perkenalkan. Gambar juga harus terlihat menarik dan tidak pecah.


2. Pemilihan kata-kata untuk judul

36

Tips mendesain flyer selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah judul. Mengapa? Judul memainkan peranan penting dalam menarik perhatian mereka yang menerima flyer Anda karena judul adalah penentu apakah pembaca akan melihat keseluruhan isi flyer atau tidak. Jika dari judulnya saja sudah tidak menarik, orang tidak akan repot-repot membaca isinya.

Pilihlah kata-kata yang dapat dengan cepat meraih perhatian orang. Judul bisa saja berupa sesuatu yang tidak biasa, unik, provokatif atau mudah diingat. Poin penting berikutnya sehubungan dengan judul yang perlu diingat juga adalah judul harus singkat, langsung ke intinya (tidak bertele-tele), sehingga begitu orang membaca judulnya, orang langsung tahu apa bidang usaha atau bisnis Anda.


3. Jenis dan ukuran huruf

01-retro-garage-sale-flyer-01

Jenis dan ukuran huruf juga menjadi salah satu hal penting yang patut diperhatikan saat mendesain flyer. Anda sebaiknya tidak menggunakan jenis huruf yang terlalu unik yang membuat orang sulit untuk membacanya. Ukuran huruf juga harus Anda sesuaikan, tergantung pada informasi apa yang ingin Anda tekankan dan diperhatikan oleh semua yang melihat flyer Anda.


4. Terlihat singkat dan jelas

desain-flyer-real-estate

Jangan membuat flyer yang memuat terlalu banyak informasi sehingga terlihat sangat padat, karena begitu orang melihat betapa banyaknya kata-kata yang termuat di dalam flyer Anda, orang akan malas membacanya.

Jadi, pastikan informasi yang Anda muat adalah informasi yang relevan, singkat namun jelas. Jangan memasukkan segalanya ke dalam satu flyer.


5. Gunakan simbol, lambang atau pembagi (jika diperlukan)

flyer-uprint-2
Dicetak di Uprint.id

Flyer Anda harus tersusun rapi agar orang tidak bingung saat membacanya. Jika Anda ingin menyampaikan beberapa ide di dalam satu flyer, maka Anda dapat menggunakan simbol, lambang atau pembagi agar terlihat enak dibaca.

Anda dapat melihat contoh flyer di atas, pada bagian pelayanan yang disajikan oleh perusahaan tersebut, jenis-jenis pelayanan didaftar ke bawah dengan tombol bulat sehingga memudahkan orang saat membacanya. Begitu juga informasi kontak perusahaan yang dimasukkan ke dalam sebuah persegi panjang.


6. Pemilihan informasi yang disajikan

desain-poster-real-estate

Karena flyer merupakan alat promosi, maka Anda harus menyajikan apa saja manfaat-manfaat yang akan orang dapatkan jika mereka memutuskan untuk membeli produk atau jasa Anda.

Sampaikan manfaat-manfaat yang Anda tawarkan secara singkat namun jelas dan mudah dimengerti. Sampaikan dengan tepat dan cepat.


7. Ketahui siapa pembaca yang menjadi sasaran

target-audience

Tentukan sasaran pembaca flyer Anda dan lakukan penelitian terlebih dahulu mengenai target Anda, sehingga gaya bahasa flyer sesuai dengan jenis pelanggan yang ingin Anda buat tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.


8. Pemeriksaan flyer secara keseluruhan

magnify

Tips mendesain flyer yang terakhir namun bukan berarti kurang penting adalah pemeriksaan secara menyeluruh. Pastikan semua kata-kata dan gambar yang tercantum di dalam flyer Anda sudah benar sebelum Anda pergi ke percetakan. Selain Anda yang memeriksa, ada baiknya Anda meminta beberapa orang untuk membantu Anda melakukan pemeriksaan sehingga tidak ada satu pun kesalahan tercantum di dalam flyer. Sayang sekali jika terdapat kesalahan eja atau gambar sementara desain flyernya sendiri sudah sangat bagus.





Sumber : uprint.id

Share:

No comments:

Post a Comment

Hubungi Kami

Popular Posts