google.com, pub-7234289879737931, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Kami Membutuhkanmu Wahai Saudaraku !!

Ta’ammulat Qur’aniyah (124)

oleh: Ustadz Aunur Rafiq Saleh Tamhid, Lc.


وَتَفَقَّدَ ٱلطَّيْرَ فَقَالَ مَا لِىَ لَآ أَرَى ٱلْهُدْهُدَ أَمْ كَانَ مِنَ ٱلْغَآئِبِينَ 

لَأُعَذِّبَنَّهُۥ عَذَابًا شَدِيدًا أَوْ لَأَا۟ذْبَحَنَّهُۥٓ أَوْ لَيَأْتِيَنِّى بِسُلْطَٰنٍ مُّبِينٍ

فَمَكَثَ غَيْرَ بَعِيدٍ فَقَالَ أَحَطتُ بِمَا لَمْ تُحِطْ بِهِۦ وَجِئْتُكَ مِن سَبَإٍۭ بِنَبَإٍ يَقِينٍ 


“Dan dia memeriksa burung-burung lalu berkata: "Mengapa aku tidak melihat hud-hud, apakah dia termasuk yang tidak hadir. Sungguh aku benar-benar akan mengazabnya dengan azab yang keras atau benar-benar menyembelihnya kecuali jika benar-benar dia datang kepadaku dengan alasan yang terang". Maka tidak lama kemudian (datanglah hud-hud), lalu ia berkata: "Aku telah mengetahui sesuatu yang kamu belum mengetahuinya; dan kubawa kepadamu dari negeri Saba suatu berita penting yang diyakini.” (an-Naml: 20-22)



• Sisi lain dari inspirasi kisah ini terkait dengan masalah _jundiyah_ (keprajuritan) yang direpresentasikan oleh hud-hud sebagai prajurit Nabi Sulaiman as.

• Para prajurit punya beragam karakter, sebagaimana beragamnya karakter manusia. Ada yang good soldier, tulus ikhlas dan bergerak selalu mengikuti komando. Prajurit tipe ini biasanya mayoritas di setiap generasi, karena merekalah yang banyak bergerak di lapangan. Mereka adalah para prajurit setia yang tidak banyak dikenal orang. Bisa jadi dengan keikhlasan mereka Allah memberikan pertolongan dan kemenangan.  Karena itu, setan-setan manusia sering memprovokasi dan ingin merusak prajurit tipe ini dengan mencemooh mereka. Padahal peran mereka sangat besar. Prajurit tipe ini juga banyak jumlahnya di barisan para sahabat Rasulullah saw. Karena itu, jumlah sahabat yang tidak dikenal namanya dalam sejarah lebih banyak dari mereka yang dikenal.


• Ada juga prajurit yang kreatif dan inovatif. Berfikir dan bertindak cepat. Tetapi tetap kuat komitmentnya dalam beramal jama’i dan kesetiaannya kepada pimpinan. Bahkan selalu siap diberi tugas apa pun dan dimana pun. Setiap kali menemukan ide-ide baru dan inovativ selalu melapor kepada pimpinan, tidak _mbalelo_, dan tidak menyombongkan diri. Tipe inilah yang direpresentasikan oleh hud-hud. 


• Di kalangan para sahabat Nabi, tipe ini direpresentasikan diantaranya oleh Umar bin Khatab (bahkan pendapatnya sering bersesuaian  dengan ayat al-Quran), Khalid bin Walid, Salman al-Farisi dan lainnya.


• Ada tipe prajurit yang indispliner dan tidak sabar dalam beramal jama’i. Prajurit tipe ini biasanya tidak bisa bertahan lama dalam suatu kebersamaan atau berorganisasi, di organisasi apapun. Karena kecenderungan individualnya yang sangat dominan. Sebab dalam berorganisasi seringkali seseorang harus rela melepas sebagian hak pribadinya untuk kemaslahatan bersama yang lebih besar.


• Semoga Allah selalu menjaga kita tetap setia di jalan dakwah bersama orang-orang saleh. 

Dimanapun posisi Antum dalam Dakwah akan sangat penting dan sangat dibutuhkan, ibarat bangunan jika hilang satu saja maka akan Bolong bangunan itu dan menjadi kelemahan dalam sebuah bangunan.

Begitu pula Jama'ah ini, sangat membutuhkan Antum, dimanapun posisi antum berikan yang terbaik dan jangan pernah meninggalkan Jama'ah ini. 

Kami membutuhkanmu wahai saudaraku... !!


Share:

No comments:

Post a Comment

Hubungi Kami

Popular Posts